Gelombang Delta


​

Pembahasan tentang otak selalu menarik buat saya, karena benda kecil dan lembek tersebut mampu mengatur seluruh kerja organ sampai sel-sel terkecil dalam tubuh, subhanallah. Maka kali ini saya mau berbagi sedikit info tentang salah satu tingkatan kerja otak kita yang disebut dengan Fase Gelombang Delta.

Gelombang delta merupakan fase dengan frekwensi terendah pada otak, dimana fase ini terjadi ketika kita beristirahat secara total, tidur lelap tanpa mimpi. Fase ini disebut juga dengan fase istirahat bagi tubuh dan pikiran. Pada gelombang delta, tubuh kita akan melakukan penyembuhan diri, memperbaiki kerusakan jaringan, dan secara aktif memproduksi sel-sel baru ketika kita tidur lelap. Pada fase inilah biasanya orang sakit atau bahkan kondisi koma berada, sehingga ia bisa beristirahat dengan total dan memulihkan kondisi tubuhnya.

Gelombang ini merupakan gelombang paling lambat yang biasanya dikaitkan dengan penurunan kesadaran diri, yang berujung pada rasa empati yang lebih besar dalam pikiran bawah sadar kita. Keren yah, aktifitas kita ditentukan oleh fase gelombang otak yang sedang bekerja di otak kita. Masyaa Allah..

Berikut beberapa manfaat yang dapat terjadi ketika otak kita sedang bekerja pada fase delta :

  1. Anti Aging. Pada fase ini ketika kita sedang beristirahat dengan baik dan tertidur lelap, tubuh dengan sendirinya akan mampu memperbarui sel-sel yang rusak dengan melepaskan hormon anti penuaan (melatonin).
  2. Empati Ekstrim. Jika Anda mempunyai kemampuan lebih dalam membaca emosi dan perasaan orang lain, kemungkinan Anda memiliki gelombang Delta yang melebihi dari rata-rata orang pada umumnya.
  3. Tingkat Kebahagiaan Tinggi. Jika dapat mengakses modus Delta pada tingkat kebahagiaan tertinggi, orang tersebut dapat memancarkan aura positif dan ketenangan yang mendalam sehingga orang di sekeliling bisa merasakannya.
  4. Intuisi Tinggi. Gelombang Delta membantu kita untuk merasakan hubungan tersembunyi dengan orang di sekitar dan juga membantu untuk membaca dunia di sekitar kita pada tingkat alam bawah sadar kita. Jadi jika pernah berintuisi, maka saat itu aktivitas pencahayaan otak sedang berjalan dan bekerja dalam keadaan gelombang delta.
  5. Relaksasi Mendalam
  6. Koneksi Spiritual
  7. Mendorong Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak yah ternyata manfaatnya ketika otak kita sedang berada di gelombang delta, tepatnya saat sedang beristirahat atau tertidur lelap. Jadi mulai sekarang perhatiin deh kualitas tidur kita, apa cuma sekedar merem atau memang sudah beristirahat dengan baik. Karena ternyata istirahat yang berkualitas menentukan kesehatan tidur yang akan berpengaruh pada kualitas kita ketika beraktifitas.

Selain pola makan dan olah raga yg baik, #kesehatantidur jadi dasar kesehatan hidup kita.

-dr.Andreas Prasaja​

Ikhlaslah ketika memang waktunya beristirahat, lakukan aktifitas sesuai porsinya. Allah pun sudah memperingatkan kita tentang hal tersebut dalam al qur’an.

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.

(QS. Al Qashas : 73)

Semoga jadi pengingat bagi diri saya juga, yang belakangan ini harus istirahat total (sampe bosyeen, hehe) karena lalai sama kondisi tubuh sendiri. Don’t forget to love your self, your body. Semoga info ini bermanfaat. Salam.

Referensi : Manfaat Gelombang Otak Delta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s