Mengontrol diri anak


Dari perjalanan hidup serta permasalahan sekitar, baik yang terjadi pada diri sendiri maupun orang lain.. membuatku belajar, mencoba memahami serta mencari hikmah dari setiap kejadian tersebut. Yang kemudian menggiringku sehingga mendapatkan sebuah rumus kehidupan. Dan rumus yang baru kudapat adalah tentang mendidik anak dalam mengontrol diri.

Secara sederhana, proses seseorang (anak) dalam mengontrol diri terdiri dari kemampuannya menilai (menentukan) dengan tepat mana yang baik & buruk.. sampai kepada kemampuan mereka untuk menyikapi penilaian tersebut.
Sedangkan, kemampuan menilai (menentukan) baik & buruk bisa ditentukan oleh tingkat kebijaksanaan seseorang, dimana kebijaksaan biasanya berhubungan dengan kedewasaan atau usia yang sudah cukup besar.

Lalu bagaimana mengajarkan anak untuk bisa mengontrol diri sedangkan ia masih dalam usia anak-anak (atau bisa dikatakan belum dewasa)?

Disinilah peran orang tua sebagai pendamping perilaku anak serta sebagai sosok penanam nilai-nilai kebaikan maupun keburukan, yang bisa berdasarkan agama (akhlaq) serta nilai yang berlaku dimasyarakat sekitar.
Dengan berbagai cara pendekatan sesuai karakter anak, hal tersebut menjadi tugas orang tua sehingga dalam diri anak-anak tertanam nilai-nilai yang dapat membantunya mengontrol diri meskipun disaat orang tua sedang tidak ada disamping mereka.

Dan.. dari beberapa hal diatas, yang tidak kalah penting adalah iringan doa orang tua agar anak terhindar dari kejahatan maupun bahaya yang tidak terduga.. karena, seorang anak tetaplah anak-anak yang masih dengan keterbatasannya yang kadang masih lupa, memiliki hasrat ingin tahu yang besar untuk mencoba hal-hal baru, serta masih dengan kesalahan/kelalaiannya..
Orang tua pun juga demikian.. sebanyak atau sehebat apapun harta dan kekuasaan, semua terjadi atas Kuasa serta IzinNya. Pertolongan Allah sangat membantu kita.
Semoga selalu dalam lindunganNya, aamiin..

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s